Senin, 14 Maret 2011

Supriyanto, Tunanetra Pemanjat Pohon Kelapa

Purworejo: Keterbatasan fisik hendaknya tidak menjadi alasan seseorang untuk patah semangat dalam bekerja. Seperti diperlihatkan Supriyanto, warga Desa Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah. Meski tunanetra ia tetap bekerja, bahkan menjadi tulang punggung keluarga dengan menjadi tukang panjat pohon kelapa.

Lelaki berusia 53 tahun itu selalu bersemangat menjalani pekerjaannya demi mendapatkan uang untuk menghidupi keluarga. Selain sering dimintai tolong tetangga untuk memetik kelapa, Supriyanto kadang juga memanjat pohon-pohon kelapa miliknya dan buahnya dijual ke pasar.

Pak Pri, demikian Supriyanto biasa dipanggil, setiap hari berkeliling kampung dengan ditemani anaknya dan sesekali juga sang cucu untuk mengambil buah kelapa di pohon yang rata-rata berketinggian 20 meter.

Menurut Pak Pri, jika harga kelapa sedang mahal dia bisa mengantongi uang sedikitnya Rp 100 ribu sehari. Namun, jika harga kelapa sedang turun, terkadang hanya mendapatkan Rp 20 ribu. Kalau musim penghujan, Pak Pri memilih berdiam di rumah. Dia tak berani memanjat pohon karena khawatir terjatuh.

Supriyanto bisa menjadi pemacu semangat bagi mereka yang berpenglihatan normal untuk tidak mudah menyerah pada keadaan. Penghalang atau rintangan yang menghadang bukanlah untuk dihindari, tetapi untuk diatasi.

sumber: liputan6

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP