Minggu, 12 Desember 2010

Longsor Terjang Sepuluh Rumah

PURWOREJO- Bencana tanah longsor kembali terjadi di Kabupaten Purworejo. Sedikitnya sepuluh rumah mengalami kerusakan cukup parah setelah diterjang tanah longsor yang terjadi sepanjang Rabu (8/12) sore hingga Kamis (9/12) dini hari.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah ini, namun satu orang warga Desa Kedunglo, Kecamatan Kemiri mengalami luka cukup serius setelah sempat terkubur longsoran tanah. Total kerugian material diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.
Bencana tanah longsor paling parah terjadi di RT 03 RW 01 Dusun Jetak Kidul,
Desa Kedunglo, Kecamatan Kemiri. Dua rumah warga, masing-masing milik Anisman (27) dan Sukir (48) mengalami kerusakan setelah rumah bagian belakang diterjang tanah longsor dari tebing setinggi 30 meter yang berada di belakang rumah. Istri Anisman, Yuni (23) yang mengalami luka serius. Saat kejadian pukul 23.30, dia sedang terlelap tidur di kamar bagian belakang rumah yang tepat di bawah tebing. "Yuni sempat terkubur tanah dan hanya tangannya saja yang kelihatan," ujar Anisman.
Berusaha Menolong Dia dibantu warga sekitar langsung berusaha menolong. Butuh waktu satu jam untuk mengeluarkan Yuni dari kuburan tanah. Setelah berhasil dievakuasi, Yuni sempat memuntahkan tanah dan langsung dibawa ke rumah sakit Palang Biru Kutoarjo.

Perabotan rumah miliki kedua warga itu ikut terkubur, seperti kulkas, komputer, dan peralatan dapur. Kamis (9/12), puluhan warga sekitar bekerja bakti menyingkirkan material tanah.

Camat Kemiri Sudaryono SSos bersama Kasi Linmas Kantor Kesbangpolinmas Hardoyo mendatangi lokasi untuk menyerahkan bantuan. "Bantuan ini dari Pemkab Purworejo. Semoga bisa sedikit meringankan beban," ujar Sudaryono saat menyerahkan bantuan melalui kepala desa Kedunglo Misroni SE yang selanjutnya diteruskan kepada kedua KK yang menjadi korban.

Sutris (35), tetangga tepat samping rumah korban menyebutkan, longsor yang menimpa Yuni itu merupakan kali kedua. Sebelumnya pada pukul 16.00 sudah sempat terjadi longsor hingga mengakibatkan bangunan garasi mobil runtuh. Satu mobil angkutan dan satu sepeda motor sempat terkubur.

Kades Misroni menyebutkan, tanah longsor itu merupakan yang pertama kali terjadi setelah beberapa tahun tidak pernah ada bencana longsor. Sebelum longsor terjadi, hujan deras mengguyur sejak pukul 12.00 dan hujan baru reda pada pukul 20.00.

Kasi Linmas Hardoyo menjelaskan, kerusakan rumah di Kedunglo itu memang paling parah dikarenakan material yang menimpa bukan hanya tanah saja, tapi juga dapuran rumpun bambu dari atas tebing.

Sumber:SuaraMerdeka

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP