Kamis, 13 Januari 2011

Wah, Kuota Jamkesmas Kelebihan 23.338 Jiwa

Purworejo, CyberNews. Kuota Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas) oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk Kabupaten Purworejo tahun 2011 mengalami kelebihan cukup banyak. Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Purworejo menghitung kelebihan kuotanya mencapai 23.338 jiwa.

Kepala Dinkes Kuswantoro yang dimintai konfirmasi melalui Kabid Promosi dan Pembiayaan Kesehatan Nancy Megawati membenarkan hal itu. "Sesuai dengan petunjuk dari Kemenkes, kelebihan itu akan segera kita update untuk disesuaikan," ujar Nancy, Kamis (13/1).

Dijelaskan Nancy, pendataan peserta Jamkesmas didasarkan pada data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2008 di mana jumlah masyarakat miskin (Maskin) sebanyak 215.265.

Saat penentuan kuota, ternyata Kabupaten Purworejo mendapatkan alokasi sebanyak 238.265, sehingga ada kelebihan 23.338 jiwa. "Nah sisa kuota ini yang akan kita sesuaikan melalui proses update," katanya.

Hal itu, sambung Nancy, sesuai dengan petunjuk dari Kemenkes yang dituangkan melalui surat nomor: JP.01.01/X/1338/2010 tertanggal 11 Oktober 2010 Perihal Kepesertaan Jamkesmas.

Dalam surat tersebut dijelaskan, proses update data diminta memprioritaskan kepesertaan lama namun sekarang tidak masuk dan sedang menjalani perawatan di rumah sakit karena penyakit kronis.

Selain itu, juga warga yang belum masuk kuota dan tidak masuk dalam kepesertaan jaminan kesehatan, termasuk jaminan kesehatan daerah (Jamkesda) berdasarkan verifikasi.

Dijelaskan Nancy, proses update itu akan melibatkan puskesmas yang dibantu kepala desa di wilayah masing-masing. "Desa kan yang paling tahu kondisi masyarakatnya," katanya.

Sumber: Suaramerdeka

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP