Senin, 21 Maret 2011

Pelajar Terseret Ombak Belum Ditemukan

PURWOREJO - Dua orang pelajar SMK Informatika Wonosobo Reztu Yulianto (17) dan Doni Kristianto (17) yang dilaporkan hilang terseret keganasan ombak di pantai selatan Jatimalang, Kecamatan Purwodadi, Minggu (20/3) sore, hingga Senin (21/3) siang belum juga ditemukan.

Tim SAR bersama aparat Polsek Purwodadi serta nelayan masih terus melakukan pencarian. Sementara keluarga kedua korban masih terus menunggui perkembangan proses pencarian di pinggir pantai. Keluarga kedua korban sudah menginap semalam dan berencana akan terus menunggu hingga ada kejelasan kedua korban ditemukan.

Proses pencarian tidak bisa dilakukan dengan mengarungi lautan karena ketinggian ombak kemarin lebih dari tiga meter. Tim SAR hanya bisa melakukan penyisiran di sepanjang pantai ke arah barat dan timur dari lokasi di mana kedua korban pertama kali terseret ombak.

Anggota tim SAR Mulyoto mengungkapkan, pencarian ke arah barat sudah dilakukan sampai wilayah Kecamatan Ngombol. Sedangkan ke arah timur sudah sampai di muara sungai Bogowonto yang merupakan perbatasan langsung dengan Pantai Congot, Kulon Progo, DIY.

”Kondisi ombak tidak memungkinkan kita turun ke laut. Pencarian hanya bisa dilakukan dengan menyisir seperti ini,” katanya saat ditemui di sela-sela proses pencarian.

Menurut Mulyoto, kedua korban terseret ombak tepat di pertemuan air antara arus dari arah barat dan timur atau warga sekitar menyebutnya dengan istilah titik lebeng. Menurutnya, di titik lebeng ini, arus bawahnya sangat kuat dan lebih dalam di bandingkan hamparan pantai lainnya.

”Apalagi kalau korban tidak bisa berenang. Begitu terseret ombak dan ketarik masuk ke lebeng, ya sulit sekali untuk bisa keluar. Tidak ndisiki kerso (mendahului kehendak Tuhan, red) kemungkinan korban selamat sangat kecil,” katanya.

Nelayan setempat Waryanto (45) membenarkan hal itu. Berdasarkan pengalaman, wisatawan yang terseret ombak dan masuk lebeng kemungkinan selamatnya sangat kecil.

Seperti diwartakan sebelumnya, lima orang pelajar terseret ombak saat bermain di pantai tersebut Minggu (20/3) sekitar pukul 13.30. Tiga orang berhasil diselamatkan, dan dua sisanya belum ditemukan.

Tiga pelajar merupakan rombongan tur wisata dari SMK Informatika Wonosobo dan berhasil diselamatkan terdiri dari Rizki Andri Setiawan (17) warga Perum Manggisan Indah Wonosobo, Heru Setiono (17) warga Pojok Kramatan Ngasinan Wonosobo, dan Burhanudin Alwi (17) warga Trembelang Wonosobo.

Sumber: Suara merdeka

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP