Kamis, 10 Maret 2011

1.066 Ruang Kelas SD di Purworejo Rusak

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P & K) Kabupaten Purworejo mendata, sedikitnya 1.066 ruang kelas SD di wilayahnya mengalami kerusakan. Sebanyak 457 ruang kelas dilaporkan rusak berat, sedangkan 611 ruang lainnya mengalami rusak ringan.

Kerusakan dialami ruang kelas SD tersebut mengakibatkan sebagian sekolah tidak bisa memanfaatkannya untuk kegiatan belajar siswa. "Akibatnya, ada sekolah yang kekurangan ruang kelas," ujar Drs Bambang Aryawan MM, Kepala Dinas P & K Kabupaten Purworejo, Kamis (10/3).

Kerusakan tersebut memerlukan rehab. Menurutnya, kerusakan ruang kelas antara lain lantaran usia bangunan, kondisi alam, serta pelaksanaan rehab yang belum selesai. Kategori rusak berat antara lain jika ruang kelas sudah tidak memenuhi syarat untuk digunakan. Sekolah juga melaporkan kelas yang belum selesai direhab, untuk masuk menjadi kategori rusak ringan.

Menurutnya, perbaikan ruang kelas tersebut menjadi tanggungan pemerintah. Pemerintah pusat selalu mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) setiap tahun. "Penggunaannya antara lain untuk rehab ruang kelas," tegasnya.

Sementara itu, seorang guru SDN Baledono 3 Purworejo, Sumini mengatakan, kurangnya insfrastruktur ruang kelas mengakibatkan konsentrasi belajar siswa berkurang. "Ruang rusak, mengakibatkan sejumlah siswa harus belajar di teras. Akibatnya, mereka terganggu lingkungan luar," ucapnya.

Ia berharap pemerintah segera merealisasikan rehab ruang kelas di sekolahnya. "Jika mereka bisa belajar dalam kelas, siswa pasti bisa lebih baik dalam mengikuti pelajaran. Juga prestasi akan terdongkrak," terangnya.

SDN Baledono 3 Purworejo adalah salah satu sekolah di Kota Purworejo yang ruang kelasnya belum lengkap. Akibatnya, sejumlah siswa kelas II kerap mengikuti pelajaran di teras sekolah akibat seluruh ruangan telah penuh.

Sumber: KRjogja

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP