Jumat, 31 Desember 2010

Pembinaan Industri Rumahan di Purworejo Belum Optimal

Pembangunan sektor industri bakal memegang peran yang sangat strategis dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun pembinaan terhadap pelaku industri rakyat di Kabupaten Purworejo hingga kini belum optimal.

“Industri kecil menangah jumlahnya sangat beragam dan cukup banyak, sedang sumberdaya manusianya terbatas sehingga dalam pembinaan masih belum optimal,” jelas Pelaksana tuga (Plt) Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Purworejo Drs H Said Ramadhon, Jumat (31/12).

Disamping itu lanjut Said Ramadhon, system informasi manajemen industri juga belum tersedia sehingga menyulitkan dalam pendataan dan penilaian perkembangan produk industri kecil dan menengah. “Sampai saat ini baru dalam taraf pertumbuhan industri, belum sampai pada peningkatan kualitas maupun pengembangan,” katanya.

Diakui, pertumbuhan sektor industri di Purworejo ada kecenderungan meningkat. Bahkan terakhir tercatat ada sekitar 15.793 unit industri kecil/rumahan. “Merujuk pada fenomena perkembangan industri pada berbagai skala usaka, terutama UMKM menunjukkan kecenderungan semakit meningkat,” tambahnya.

Pertumbuhan industri ini lanjut Said Ramadhon, menjadi tantangan yang harus dihadapi Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo agar ada kesinambungan pembangunan di sektor industri secara terpadu.
“Artinya dari banyaknya jumlah industri itu dapat ditata dengan arah kebijakan yang baik dan tepat sehingga tidak menimbulkan permasalahan yang justru kontraproduktif dengan daerah,” jelasnya.

Sumber:KRjogja

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP