Kamis, 09 Desember 2010

KPU Purworejo Gugat Balik Zaenal-Cipto Rp 22 Miliar

Purworejo, CyberNews. KPU Kabupaten Purworejo giliran menempuh langkah hukum dengan mengajukan gugatan balik perdata kepada mantan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Zaenal Arifin-Cipto Waluyo. KPU menggugat Zaenal-Cipton Rp 22.222.222.000.

Gugatan rekonvensi itu diajukan KPU melalui kuasa hukumnya Jaksa Pengacara Negara dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Purworejo Nilla Aldriani SH dan Yazid Ujiyanto SH MH bersamaan dengan pembacaan jawaban KPU atas gugatan perdata Zaenal-Cipto dalam persidangan lanjutan yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Benyamin Noboba SH.

Usai persidangan, Nilla menjelaskan, gugatan itu dihitung berupa kerugian material sebesar Rp 62.222.000 dan kerugian immaterial sebesar Rp 22.160.000.000. Dalam persidangan yang dimulai pukul 11.00 itu, KPU juga memohon kepada Pengadilan Negeri (PN) Purworejo untuk melakukan sita jaminan atauconservatoir beslaag terhadap seluruh harta kekayaan milik tergugat rekonvensi, baik berupa benda bergerak maupun benda tidak bergerak.

"Kami mohon majelis hakim menyita seluruh harta Zaenal-Cipto sebagai jaminan," katanya. Sidang ini sendiri dihadiri Zaenal, sedangkan Cipto kembali tidak hadir, dan bahkan membuat surat yang menyatakan tidak akan menghadiri persidangan karena
sudah dikuasakan kepada Zaenal.

Majelis hakim menolak penguasaan itu, karena kuasa diberikan kepada penggugat I yang juga menjadi bagian dari perkara ini. Apabila Cipto tetap bersikukuh tidak hadir, maka jika gugatan rekonvensi dikabulkan, dia akan tetap menanggungnya.

Sementara itu, dalam jawabannya atas materi gugatan Zaenal-Cipto, kuasa hukum KPU menyatakan PN Purworejo tidak berwenang mengadili (kompetensi absolut). Disebutkan pula, penggugat tidak mempunyai kapasitas sebagai penggugat, dengan adanya putusan PTUN Semarang yang menolak gugatan yang diajukan oleh penggugat. "Obyek gugatan penggugat obscuur libel karena tidak jelas obyeknya," tandasnya.

Sumber:Suara Merdeka

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP