Selasa, 28 Desember 2010

Tangkapan Ikan Perairan Sungai di Purworejo Merosot


Produksi perikanan tangkapan di perairan umum di wilayah Kabupaten Purworejo sejak beberapa tahun terakhir mengalami kemerosotan cukup tajam. Bahkan dalam tahun terakhir diperkirakan hanya 76 ton hasil tangkapan atau senilai sekitar Rp 377.140.000.

Menurut Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan Purworejo Ir Sunoto, merosotnya hasil tangkapan ikan di perairan umum ini terjadi karena tingginya beban pencemaran. “Terutama pencemaran limbah aktivitas domestik, penggunaan insectisida pada perairan umum maupun limbah dari aktivitas industri,” katanya, Selasa (28/12).

Produksi perikanan sungai diperkirakan akan terus menggalami penurunan dengan rata-ratapertumbuhan nimus 3,22 persen. “Jumlah produksi perikanan rawa juga diperkirakan akan mengalami penurunan hingga 2,33 persen,” jelas Sunoto.

Selain pencemaran limbah, juga aktifitas penangkapan ikan oleh masyarakat dengan menggunakan racun. “Ini semakin membahayakan karena dapat memutus populasi ikan di perairan umum,” kata Sunoto.

Diakui, meskipun di tempat-tempar tertentu sudah dipasang papan pengumuman tentang larangan penggunaan racun dalam menangkap ikan di perairan umum, namun oknum masyarakat terkdang mengabaikan. “Bisa jadi karena ketidaktahuan, tapi juga bisa sengaja. Padahal dengan menggunakan racun, ikan akan mati sampai bibit dan bahkan telornya,” jelas Sunoto.

Sumber:KRjogja

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP