Kamis, 30 Desember 2010

Pemprov Jateng Akan Bangun STA di Purworejo


Harapan petani Kabupaten Purworejo untuk mendapatkan kemudahan akses terhadap pasar akan segera terpenuhi. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah berencana membangun Sub Terminal Agribisnis (STA) di Desa Krendetan, Kecamatan Bagelen, pada tahun 2011 mendatang.

Pembangunan tersebut merupakan tindak lanjut pengembangan kawasan agropolitan Bagelen di Kabupaten Purworejo. STA di Krendetan tersebut akan menjadi pusat informasi, transaksi, dan pelatihan.

Pemerintah provinsi kini tengah menggelar lelang untuk pekerjaan tersebut. "Informasi yang kami dengar, lelang sedang dilaksanakan. Hampir dipastikan, pengerjaannya dilakukan tahun depan," ujar Bambang Jati, Kasubid Produksi Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Purworejo, Kamis (30/12).

Setelah STA tersebut dioperasikan, pelaku usaha tani di Kabupaten Purworejo bisa menginformasikan spesifikasi komoditas dan kapasitas produksi yang dimiliki. "Ada semacam lokasi display, nantinya akan menjadi semacam etalase produk pertanian, peternakan, dan perikanan yang dihasilkan masyarakat Purworejo," tuturnya.

Dikatakan, persoalan yang kerap dihadapi petani saat ini adalah kurangnya akses terhadap pasar. Petani bisa meningkatkan kapasitas produksi pertanian, namun kerap mengalami kesulitan saat hendak menjual hasil panen. Akibatnya, komoditas petani kerap terbeli tengkulak dengan harga yang tidak menguntungkan.

"Siapa yang menguasai informasi, akan mendominasi pasar. STA akan memudahkan petani menguasai informasi," terangnya.

Pengelolaan STA tersebut juga akan melibatkan petani. Bahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo telah membentuk kelompok kerja (pokja) di sejumlah kecamatan, dengan anggota antara lain petani.

Untuk pengembangan kawasan itu, kini Purworejo telah memiliki sejumlah cluster atau wilayah pengembangan, sesuai dengan produk unggulan bidang pertanian yang dimiliki. Kini, Kabupaten Purworejo memiliki wilayah pengembangan kambing peranakan etawa (PE), durian, dan manggis (di Kecamatan Kaligesing), gula kelapa, dan durian (Bagelen), hortikultura dan perikanan (Purwodadi), serta padi organik (Ngombol).

Petani jagung di Desa Nampurejo, Purwodadi, Untoyo, menyambut positif rencana pemerintah membangun STA di Desa Krendetan Bagelen. Menurutnya, selama ini petani hanya bisa menjual tanaman hortikultura itu kepada pengepul yang datang langsung ke ladang saat panen. "Jika bisa dikoordinasikan, dan hasilnya disalurkan melalui STA, tentunya, akan lebih menguntungkan kami. Sebab, kami mengetahui kemampuan pasar serta bisa negosisasi harga," imbuhnya.

Sumber:KRjogja

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP