Minggu, 26 Desember 2010

Kawasan Tambang Kian Kritis


Kawasan pertambangan di wilayah Kabupaten Purworejo terutama Galian Golongan C kian kritis dan merusak lahan seperti degradasi lahan dan hutan.

“Sumber air bersih otomatis juga berkurang karena banyak sumber mata air yang mati akibat penggalian tanah dan batu,” jelas Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Purworejo H Said Ramadhon kepada KRjogja di ruang kasepuhan rumah dinas bupati setempat, Minggu (26/12).


Menurut Said kawasan yang semakin kritis berada di Kecamatan Kemiri dan melakukan penambangan di lahannya sendiri. Namun dampak terdahap lingkungan sekitar sangat terasa. Bahkan sering terjadi tanah longsor sehingga perlu mendapat dukungan penegakan hukum lingkungan dan penertiban perizinan Surat Izin Pertambangan Daerah (SIPD) secara ketat agar kegiatan pertambangan lebih memperhatikan kelestarian lingkungan.

“Upaya pengawasan, penegakan hukum dan penerapan saksi dapat dilakuan oleh penyidik pegawai negeri sipil (PPNS),” jelas Said Ramadhon yang juga Assisten Sekda Bidang Keuangan dan Pembangunan ini.

Selain itu lanjut Said Ramadhon, pengawasan sosial dapat dilakukan melalui system pengawasan masyarakat (Siswasmas) secara swadaya dengan membentuk gugus tugas di tingkat desa atau kelurahan.

Sumber:KRjogja

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP