Rabu, 12 Januari 2011

Ribuan Rumah di Purworejo Tidak Layak Huni


Ribuan rumah di 16 kecamatan di Kabupaten Purworejo masuk kategori tidak layak huni. Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Bapermades) Kabupaten Purworejo mendata, sedikitnya terdapat 33.803 unit rumah tidak layak huni di wilayahnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purworejo melakukan pendataan pada pertengahan tahun 2010. Meski terdata mencapai 33 ribu, kemungkinan jumlah tersebut masih bisa bertambah. "Jumlahnya bisa bertambah, sebab, semua terkait dengan kondisi ekonomi masyarakat," tutur Sutrisno, Kepala Bapermades Purworejo, kepada KRjogja.com, Rabu (12/1).

Untuk mengurangi jumlah tersebut, Pemkab Purworejo melakukan program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) setiap tahun. Selama tahun 2011, APBD Kabupaten Purworejo akan mengalokasikan bantuan stimulan untuk rehabilitasi 40 unit rumah. Namun, Bapermades Purworejo belum menentukan nama desa penerima bantuan, lantaran menunggu pengumuman desa berprestasi pada pertengahan tahun 2011.

Rencananya bantuan tersebut akan dialokasikan untuk empat desa. Setiap RTLH yang diusulkan desa penerima, akan mendapat bantuan senilai Rp 3 juta. Jika dana tersebut tidak cukup, masyarakat sekitar akan diminta ikut berswadaya membantu pembangunannya.

Selain mengalokasikan dana APBD, Pemkab Purworejo juga mengupayakan adanya bantuan dari pemerintah pusat. Pemerintah berencana menggelar Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Perumahan dan Pemukiman. "RTLH sebanyak 33.803 unit itu merupakan data awal yang diajukan kepada pemerintah pusat dalam rangka rencana pelaksanaan PNPM tersebut," imbuhnya.

Dikatakan Sutrisno, sektor swasta juga bisa ambil bagian dalam program rehabilitasi rumah di Kabupaten Purworejo. Perusahaan memiliki program Coorporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial terhadap lingkungan lokasi menjalankan usaha. "Perusahaan bisa mengalokasikan program CSR antara lain untuk rehab rumah," ucapnya.

Sumber: KRjogja

2 komentar:

SUGIYANTORO 15 Januari 2011 pukul 22.02  

Saya sangat setuju dengan program RTLH tapi seleksinya harus benar benar lebih detil, mana yang sangat membutuhkan bantuan lebih dulu, seperti gambar yang ditampilkan dalam rubrik ini terlihat punya 2 ekorkerbau, sebetulnya kalau dia punya niat pasti bisa memperbaiki rumahnya dengan menjual salah satu kerbaunya misalnya.
Bukan maksut saya mereka tdk perlu dibantu, tapi utamakan yang benar benar tidak punya.
Demikian komentar saya semoga dapat dipertimbangkan. Trimakasih

tegalrejo grabag 14 Januari 2012 pukul 05.26  

Kalau dia jual kerbau trus mau krja apa,kerbaunya itu sbagai sumber penghasilan dan mungkin itu hanya warisan ortu ya ga mungkin dijual

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP