Selasa, 28 Desember 2010

Penduduk Bertambah, Sampah di Purworejo Mencapai 237 Ton


Seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk, produksi sampah rumah tangga di Kabupaten Purworejo juga mengalami peningktan. Saat ini produksi sampah mencapai 237 ton per hari. Dari jumlah tersebut baru sekitar 196,09 ton sampah terangkut per hari.

“Produksi sampah ini diprediksikan akan terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Bisa saja pada tahun depan mencapai 243 ton per hari,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Purworejo melalui Kabid Kebersihan dan Pertamanan (KP) Mulyono, Selasa (28/12).

Dikatakan, volume sampah di Purworejo semakin meningkat. Namun selama ini, pengelolaan sampah masih dilakukan secara tradisional, yakni dengan penumpukan atau penimbunan dan pembakaran sampah di tempat pembuangan akhir (TPA).

“Pengelolaan sampah secara tradisional ini masih bisa dilakukan di daerah berpenduduk dengan kategori rendah. Namun di Purworejo dengan semakin bertambahnya jumlah penduduk, maka perlu ansisipasi sehingga sampah yang ada dapat dikelola dengan baik dan tidak mencemari lingkungan,” paparnya.

Diakui, meskipun saat ini warga masyarakat mulai sadar akan kebersihan lingkungan dengan mengolah sampah menjadi pupuk organik, namun baru sebatas dilakukan masyarakat di lingkungan pedesaan.

“Sedang di perkotaan yang justru penghasil sampah terbanyak, belum diberdayakan. Terlebih sampah ini mayoritas dari plastik,” jelas Mulyono.

Sumber:KRjogja

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP