Senin, 13 Desember 2010

Pengembangan SMK Kelautan Menuju Revolusi Biru


Budaya bahari yang pernah dimiliki nenek moyang Bangsa Indonesia kini nampaknya mulai memudar di kalangan generasi muda. Padahal banyak budaya bahari di wilayah Indonesia yang bisa dikembangkan menjadi kekuatan Bangsa dan dapat dijadikan sebagai jati diri serta identitas individu.

“Semangat bahari perlu ditransformasikan kedalam tindakan dan kegiatan ekonomi melalui blue revolution dan diejawantahkan kedalam program minapolitan,” ujar Bupati Purworejo Drs H Mahsun Zain MAg di hadapan para siswa SMK Negeri Kelautan Kabupaten Purworejo, dalam rangka memperingati hari Nuantara ke-11, Senin (13/12).

SMK yang berlokasi di Kecamatan Ngombol ini merupakan satu-satunya sekolah kelautan yang dimiliki Kabupaten Purworejo. Oleh karenanya, SMK ini terus dikembangkan dengan berbagai metode, sebagai modal usaha Pemkab Purworejo menuju revolusi biru.

Konsep revolusi biru menurut Mahsun Zain, merupakan perubahan mendasarkan cara berpikir dari daratan (continental base) ke kelautan (ocean base) dengan konsep pembangunan berkelanjutan untuk meningkatkan produksi kelautan dan perikanan melalui program minapolitan yang intensif, efisien, dan terintegrasi.

“Minapolitan itu sendiri merupakan konsep pembangunan kelautan dan perikanan berbasis wilayah dengan pendekatan system dan manajemen kawasan dengan perinsip integrasi, efisien, kualitas, dan akselerasi,” jelas Mahsun Zain.

Sumber:KRjogja

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP