Senin, 13 Desember 2010

Stok Terbatas, Harga Cabai di Purworejo Meroket

Purworejo, CyberNews. Harga cabai di pasaran Kabupaten Purworejo mengalami kenaikan dalam sepekan terakhir. Kenaikan harga itu dipicu menipisnya stok, baik yang dimiliki pedagang di pasaran maupun pengepul.

Produksi petani mengalami penurunan drastis lantaran terkena dampak hujan abu dari erupsi Gunung Merapi beberapa waktu lalu. Pantauan di sejumlah pasar tradisional Minggu, (12/12) kenaikan harganya dalam kisaran 50 %.

Salah-satu pedagang Pasar Baladeno, Abdul Madjid (50) menyebutkan, kenaikan harga cabai mulai terasa sejak sepekan terakhir. Para pedagang, bahkan menyebutnya bukan lagi kenaikan harga, tetapi ganti harga.

Harga cabai jenis rawit naik dari Rp 21.000 menjadi Rp 45.000 setiap kilogramnya. Begitu pula cabai merah keriting harganya naik dari Rp 20.000 menjadi Rp 35.000 per kilogram.

Sedangkan cabai jenis ijo besar juga naik dari harga Rp 7.000 menjadi Rp 13.000 per kilogram.

Pedagang lainnya, Siti Khotidjah (51) mengungkapkan, saat ini pedagang mengalami kesulitan untuk mendapatkan stok dari petani. "Jangankan untuk mendapatkan cabai kualitas bagus. Pembeli kini juga banyak yang mencari cabai BS atau afkiran," katanya.

Cabai BS biasanya sebagian sudah kering atau mulai membusuk, tapi belum busuk dan masih bisa diolah untuk bumbu masakan. Harga cabai BS kini menyentuh Rp 20.000 per kilogram naik dari harga sebelumnya yang hanya Rp 9.000 per kilogram.

"Itu pun pembeli cabai akan rebutan. Cabai BS kebanyakan cabai merah panjang dan kebanyakan untuk masakan, bukan seperti cabai rawit untuk lalap," terangnya.

Pedagang Pasar Tambakrejo, Yuni (27) juga mengeluhkan kenaikan harga cabai. Berbeda dengan pedagang lain yang mengetahui penyebabnya, Yuni mengaku tidak tahu persis penyebab kenaikan harga cabai.

"Kata pengepul harga cabai naik karena petani kini banyak yang gagal panen. Hal ini tidak terlepas dari musim penghujan, cuaca ekstrim dan dampak hujan abu Merapi," katanya.

Sumber:Suaramerdeka

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP