Kamis, 09 Desember 2010

Tidak Menera Ulang Timbangan, Kena Denda Rp 1 Juta

Pemerintah mengancam pedagang yang tidak menera ulang timbangan milik mereka dengan denda maksimal Rp 1 juta. Bahkan, pedagang juga terancam dipidana paling lama satu tahun.

Kasubag Tata Usaha Balai Meteorologi Wilayah Magelang, HM Sjamsul Huda ST mengatakan, aturan itu jelas terlulis dalam UU RI No 02 tahun 1981 Tentang Metrologi Legal. "Aturannya jelas, sehingga pedagang memang wajib melakukan tera ulang atas timbangan milik mereka," ujarnya kepada KRjogja.com, Kamis (9/12).

Menurutnya, tera ulang atau cek fisik rutin timbangan meja dan sentisimal milik pedagang justru bermanfaat bagi mereka. Risiko kehilangan pelanggan bisa dikurangi, jika timbangan yang mereka gunakan benar.

Selain itu, timbangan milik pedagang akan kembali sesuai dengan sifat timbang, setelah melakukan tera ulang. "Ada tiga sifat timbang, yakni ketetapan, kebenaran, dan kepekaan. Jika sudah terpenuhi, timbangannya akan benar dan selalu tepat," ucapnya.

Selama melakukan tera ulang di Kabupaten Purworejo, sekitar 70 persen timbangan milik pedagang setempat, harus mendapatkan perbaikan. Ratusan timbangan tersebut diperbaiki lantaran sifat timbangnya melenceng, sehingga merugikan konsumen.

Timbangan tidak memenuhi tiga unsir timbang lantaran kurangnya perawatan oleh pemiliknya. Menurutnya, penggunaan timbangan setiap hari, mengakibatkan mata dan pisau timbang kotor.

Selain itu, timbangan tidak tepat lantaran pemakaian timbangan yang berlebih. "Saat tidak digunakan, timbangan harusnya tidak dibebani sesuatu, hingga mengalami keausan. Itu yang kerap kurang diperhatikan pedagang," ungkapnya.

Balai Meteorologi Wilayah Magelang melakukan tera ulang Rabu (8/12) hingga Sabtu (18/12). Setiap hari, puluhan timbangan meja dan timbangan sentisimal menjalani pemeriksaan. Balai menetapkan biaya tera ulang untuk timbangan meja senilai Rp 8.000 setiap buah dan Rp 12.000 bagi timbangan sentisimal. Biaya perbaikan ditetapkan bervariasi mulai Rp 10 ribu, sesuai kerusakan yang dialami timbangan. (R-1)

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP