Minggu, 02 Januari 2011

Antisipasi Keamanan, Lokomotif Dikawal Polisi

Stasiun kereta api besar Kutoarjo menerapkan kebijakan ekstra dalam pengamanan pelayanan angkutan lebaran Natal dan tahun baru 2011. Untuk mengantisipasi gangguan keamanan, stasiun kereta api Kutoarjo bekerjasama dengan Polres Purworejo memberikan pengamanan di lokomotif untuk setiap perjalanan kereta.

Kepala stasiun Parmono yang ditemui kemarin sore menjelaskan, kebijakan pengamanan dengan menerjunkan aparat kepolisian di lokomotif kereta itu merupakan kebijakan dari PT KAI Daerah Operasional (Daop) V. "Di samping ini merupakan salah satu langkah implementasi undang-undang, juga diinstruksikan oleh Ka Daop V," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, lokomotif yang dikawal khusus kereta ekonomi. Tujuannya untuk sterilisasi lokomotif dari penumpang. Sesuai dengan aturannya, lokomotif harus bebas dari penumpang karena merupakan instrumen pengendali perjalanan kereta sehingga tidak boleh terganggu. "Setiap lokomotif dikawal dua personil kepolisian," katanya.

Lokomotif yang dikawal meliputi KA tujuan Jakarta dan Bandung. Misalnya KA Kutojaya ekonomi yang berangkat pukul 18.20 dikawal sampai stasiun Prupuk Brebes. KA ekonomi Progo jurusan stasiun Pasar Senen Jakarta juga dikawal dari Kutoarjo sampai stasiun Prupuk Brebes.

Kereta Gaya Baru malam jurusan Surabaya menuju stasiun Pasar Senen yang berangkat dari stasiun Kutoarjo pukul 20.39 juga dikawal sampai stasiun Prupuk Brebes. Hal yang sama juga diberlakukan untuk KA Bogowonto AC yang berangkat pukul 20.30, KA Sawunggalih Selatan yang berangkat pukul 08.25 dikawal sampai stasiun Prupuk Brebes. "KA Kiara Condong jurusan Bandung dikawal sampai stasiun Banjar Ciamis," katanya.

Sumber: Suara Merdeka

0 komentar:

About This Blog

Blog ini berisi kumpulan berita dari berbagai sumber.

Terutama yang berhubungan dengan Purworejo.

Semoga bisa membantu anda mengenal kota ini lebih dalam.

Terimakasih.

Berita Purworejo 2010 Presented By d-_-b

Back to TOP